menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Tren Ponsel Game



JAKARTA - Ketika Cross Mobile merilis ponsel dengan desain bak sebuah game console yang menyerupai PlayStation Portable, tampaknya memberi inspirasi kepada beberapa produsen ponsel lokal lainnya. Misalnya saja IMO Mobile. Kemudian Venera yang tempo hari merilis seri Ego 808.

Desain memang menjadi daya tarik utama ponsel-ponsel macam ini. Ia memadukan antara postur sebuah ponsel berkonstruksi bar dengan tombol keypad sekaligus sebagai game player yang diisi dengan beragam tombol pengontrol permainan."Dari segi desain kami menyesuaikan dengan kebiasaan konsumen untuk bermain game dalam menggunakan perangkat game konsol portabel," ujar Hasan Aula, Direktur PT Teletama Artha Mandiri, perusahaan pemegang merk Venera.

Kebiasaan yang dimaksud adalah bagaimana orang memainkan game dengan model layar horisontal atau biasa kita kenal dengan istilah landscape. Lalu, tombol kontrol game yang kali ini berjumlah empat arah dan ditempatkan di sebelah kiri ponsel. Layar sentuh pun dikenalkan yang mengadopsi style pada konspl NDS.

Sebuah speaker dengan kekuatan yang penuh untuk ukuran sebuah perangkat bergerak dipasang di belakang. Audio yang disemburkan diharapkan mampu menciptakan efek trance saat bermain game. Sementara dari koleksi game, tentu saja Ego 808 bukan menggunakan game dengan format khusus dari sistem operasi tertentu. Namun ia masih memakai game berbasis Java yang jamak dipakai untuk ponsel maupun komputer.

"Koleksi game yang bisa dimainkan di ponsel ini sangat banyak," tambah Hasan. Karenanya agar persediaan ruang memori tak cepat habis dijejali game Java, disediakanlah memori eksternal berupa microSD yang mampu memuat hingga 8 GB data. Sedangkan kebutuhan tenaga dipasok oleh baterai berkapasitas 1.800 mAH. Dengan kapasitas ini sesungguhnya cukup besar. Sekadar perbandingan saja, ponsel super pintar yang sarat fitur multimedia dan aplikasi saja umumnya hanya berkapasitas 1.500 mAH.

Selebihnya, tak ada fitur gres yang ditampilkan. Kebutuhan utama seperti telefoni, SMS, memotret, mendengar radio FM, juga lagu MP3 pun menonton video di layar seluas 2,8 inci. Tentu saja jangan minta lebih, sebab harganya pun murah meriah, hanya Rp 600 ribu saja.