Yang Perlu Dilakukan Sebelum Tes Kolesterol dan Tensi Darah

http://images.detik.com/content/2011/08/23/766/tes-darah2-dalam-ts.jpg Jakarta, Pemeriksaan kesehatan biasanya dilakukan untuk mendiagnosis penyakit atau mengetahui kondisi tubuh secara menyeluruh. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ketahui apa saja yang sebaiknya dilakukan sebelum tes misalnya akan melakukan tes kolesterol atau tes tekanan darah (tensi darah).

Seseorang biasanya melakukan tes kesehatan jika direkomendasikan oleh dokter. Padahal jika dilakukan secara teratur bisa membantu mendeteksi sesuatu lebih dini sehingga kemungkinan sembuhnya lebih besar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum melakukan tes kesehatan tertentu, seperti dikutip dari Lifemojo, Selasa (23/8/2011) yaitu:

Tes kolesterol
1. Sebaiknya melakukan puasa selama 12 jam sebelum tes darah kecuali disarankan sebaliknya, tapi tetap boleh mengonsumsi air putih.
2. Hindari minum alkohol, makanan pati atau yang berlemak selama 2-3 hari sebelum tes karena bisa mengganggu keakuratan nilai kolesterol total.
3. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan pada pagi hari

Tes tekanan darah
1. Hal terpenting saat melakukan tes tekanan darah adalah harus dalam keadaan pikiran rileks, jika tidak maka bisa meningkatkan nilai sistolik sebesar 20 poin.
2. Duduklah dalam posisi yang santai dan nyaman setidaknya selama 5 menit sebelum pengukuran dan mengambil napas untuk menenangkan diri.
3. Hindari rokok, minum kopi atau teh serta melakukan olahraga setidaknya 30 menit sebelum melakukan pengukuran tekanan darah.

Tes mammogram
1. Lakukan mammogram 2 minggu setelah menstruasi karena perubahan hormonal yang terjadi membuat payudara menjadi lebih sensitif.
2. Tidak mengonsumsi kopi seminggu sebelum pemeriksaan agar payudara terasa lembut.
3. Pada saat pemeriksaan, tidak diperkenankan menggunakan serbuk, lotion atau deodoran karena bisa mengganggu pemeriksaan.

Skrining kanker kulit
1. Jangan menggunakan make up, perhiasan atau pun wig yang bisa menutupi permukaan kulit.
2. Hindari penggunaan cat kuku yang terlihat berkilau.

Pemeriksaan pap smear
1. Lakukan tes sebelum atau sesudah menstruasi, agar hasil yang didapatkan lebih akurat.
2. Sebaiknya tidak melakukan hubungan seks selama 48 jam sebelum pemeriksaan.
3. Jika memang memiliki infeksi vagina, sebaiknya sembuhkan terlebih dahulu infeksi ini baru melakukan tes pap smear.

MRI scan
1. Hindari minum atau mengonsumsi sesuatu yang bersifat diuretik sehingga memicu lebih sering buang air kecil, hal ini karena selama MRI pasien tidak bisa ke kamar mandi.
2. Tetaplah tenang dalam posisi berbaring selama pemeriksaan.
3. Hindari pula makanan atau minuman yang bisa membuat cemas seperti makanan tinggi gula, alkohol atau energi.

CT scan
1. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan pagi hari agar hasilnya lebih akurat, karena umumnya belum memiliki stres.
2. Umumnya pasien direkomendasikan untuk tidak makan selama 4 jam sebelum tes, tapi jika bagian yang akan diperiksa adalah perut maka waktunya lebih panjang yaitu tidak boleh makan atau minum sejak tengah malam.
detikhealth.com/read/2011/08/23/130626/1709176/766/yang-perlu-dilakukan-sebelum-tes-kolesterol-dan-tensi-darah?l991101755