menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Preview Pane Gmail


Jika anda adalah seorang pengguna Microsoft Outlook dan sekaligus pengguna layanan email Gmail, tentu anda akan melihat sebuah perbedaan besar pada tampilannya. Microsoft Outlook memiliki kolom yang dapat dibagi menjadi setidaknya 4 kolom untuk membagi-bagi kelompok email, email yang masuk, ruang baca email dan biasanya agenda kegiatan di kolom paling kanan.

Sedangkan Gmail, hanya di bagi dalam 3 kolom besar, yaitu dari kelompok email, email yang masuk dan iklan :) pada kolom ketiganya. Untuk membaca email, kita harus membuka satu persatu, karena posisi membaca email ada di kolom tengah. Berbeda dengan yang dimiliki oleh Microsoft Outlook.

Tetapi ada 2 orang developer yang bekerja keras untuk membuat tampilan Gmail tersebut menjadi sedemikian rupa hampir menyerupai Microsoft Outlook dengan fitur Preview Pane.

Untuk mengaktifkannya, kita tentu saja perlu masuk ke dalam akun Gmail kita. Selanjutnya pada bagian kanan atas, kita dapat melihat icon berupa roda gigi yang berisikan pilihan Mail Settings, Mail Help dan Lab. Kita bisa masuk melalui Mail Settings kemudian ke tab Lab atau dari awal kita langsung masuk saja ke pilihan menu Lab.

Selanjutnya untuk mempercepat waktu, kita search saja menggunakan search box yang tersedia dengan kueri preview pane. Maka kita akan diberikan fitur Preview Pane milik Peter B dan Michael K. Dan seperti fitur-fitur yang ingin kita pakai, kita perlu meng “enable” dan tentu saja Save Changes.

Tampilan Gmail kita akan kembali seperti semula, tanpa preview pane. Untuk mulai merasakan fitur tersebut kita perlu melihat bagian kanan diatas scroll kita akan melihat


Kita klik dan kita pilih metode pembagian kolom dari inbox kita. Apakah tidak dibagi, dibagi secara vertikal atau dibagi secara horizontal. Setelah kita pilih, maka tampilan Gmail kita baru berubah menyerupai inbox Microsoft Outlook. Dan kita tidak perlu repot-repot lagi kembali ke inbox untuk membaca email yang lain, karena kita tinggal klik saja email mana yang akan dibaca.


Silahkan dinikmati tampilan email Google anda yang baru dengan fitur Google Preview Pane.