Membuat Like Button Facebook pada Website


Facebook telah membuka kesempatan dengan API-nya yang memungkinkan kita untuk menghubungkan website kita dengan sistem yang ada di Facebook. Salah satunya adalah tombol atau button Like yang merupakan salah satu ciri khas pada Facebook.

Untuk membuat Like Button Facebook pada website, sebenarnya sudah cukup banyak informasi yang diberikan oleh Facebook sendiri tetapi kenyataannya tidak mudah untuk beberapa platform. Untuk pengguna Typepad dan Posterous, Like Button sudah built in tetapi tidak pada wordpress.
Beberapa caranya adalah :
  1. Yang paling gampang, menggunakan pluggin, yaitu :
    - Like,
    - Facebook Like Button
    - Facebook Like Button Pluggin
    - Facebook Social Pluggin, untuk yang satu ini, akan memberikan beberapa widget yang menarik dan memudahkan anda.

  2. Edit themes kita pada file single.php
    <iframe src="http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=<?php the_permalink() ?>&layout=standard&show_faces=false&width=450&action=like& colorscheme=light" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true" style="border:none; overflow:hidden; width:450px; height:60px;"></iframe>

  3. - Layout standard akan memberikan tampilan seperti standar (ada jempolnya) di Facebook, tetapi kalau diganti button_count tidak akan memunculkan jempolnya.
    - Action Like dapat diganti recommend
    - Colorscheme dapat diganti light atau dark, sesuai kebutuhan anda
Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing, yang penting website kita dapat terkoneksi ke facebook dan tentu saja akan membuat website kita menjadi semakin dikenal luas.