menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Menambahkan Peta ke Dalam Website WordPress

Salah satu layanan yang diberikan Google yang tidak kalah hebat dibandingkan dengan fitur-fitur yang lain adalah Google Map atau peta Google. Dimana kita dimungkinkan untuk mencari sebuah lokasi dan bagaimana cara kita menuju ke lokasi tersebut dari lokasi kita yang sekarang.

Untuk website atau blog yang menginginkan agar pengunjungnya dapat berkunjung ke kantor offline, tidak ada salahnyweba menambahkan Google Map atau peta ke dalam sitenya. Sehingga pengunjung bisa mendapatkan petunjuk menuju ke kantor tersebut.
Untuk membuatnya kita dapat memanfaatkan pluggin yang disediakan oleh pluggin WordPress, tetapi kali ini kita akan membuatnya dengan membuat kode-kode pada file function.php di direktori themes kita. Berikut langkah-langkah untuk menambahkan peta ke dalam website yang berbasis WordPress.
Buka direktori themes yang kita gunakan, lalu cari file function.php. Apabila belum ada kita dapat mengcreate file tersebut. Kemudian masukkan kode berikut ke dalamnya
//Shortcode penambahan Google Map
function add_googlemap_in_wordpresss($atts, $content = null) {
extract(shortcode_atts(array(
"width" => '600',
"height" => '400',
"src" => ''
), $atts));
return '<iframe width="'.$width.'" height="'.$height.'" frameborder="0" scrolling="no" marginheight="0" marginwidth="0" src="'.$src.'&amp;output=embed" ></iframe>';
}
add_shortcode("googlemap_in_wordpress", "add_googlemap_in_wordpresss");
Untuk width dan height dapat kita isi sesuai dengan kebutuhan layout themes kita. Setelah selesai, kemudian kita save. Selanjutnya kita masuk ke Dashboard dan pilih Add New Post atau Page sebagai tempat untuk meletakkan peta Google Map tersebut.
Selanjutnya kita masukkan kode berikut di tempat yang kita inginkan (tanda plus sebelum googlemap dihilangkan)
[+googlemap_in_wordpress width="550" height="280" src="[url_peta]"]
Untuk mendapatkan url peta, kita perlu masuk ke Google Map terlebih dahulu, lalu kita pilih lokasi kita. Selanjutnya pada bagian kanan atas kita akan menemukan link dengan cara menekan tombol mata rantai. Link yang diberikan tersebut yang akan kita masukkan ke dalam url peta pada kode diatas. Misal (tanda plus sebelum googlemap dihilangkan):
[+googlemap_in_wordpress width="550" height="280" src="http://maps.google.com/?ll=-6.180417,106.994943&spn=0.002848,0.005284&t=h&z=18"]
Maka akan ditampilkan
Silahkan dicoba untuk membimbing pengunjung anda semakin dekat dan terarah menuju jalan yang baik :) yaitu ke kantor anda dengan menambahkan peta ke dalam website berbasis WordPress. Disini pengunjung juga dapat meminta petunjuk Google untuk arahan dari lokasi mereka menuju lokasi kantor yang kita tampilkan di peta tersebut.