menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Hari Ini Batas Akhir Pendaftaran Klub



PSSI telah menetapkan, Senin (22/8/2011) ini sebagai batas akhir pendaftaran klub-klub untuk mengikuti kompetisi musim depan. Nantinya, klub-klub ini akan diverifikasi sebelum akhirnya dinyatakan lolos atau tidak pada Kamis (25/8/2011).

Tentang batas akhir pendaftaran itu sudah pernah disampaikan Ketua Bidang Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus, pada workshop PSSI, 3 Agustus lalu.

Dalam melakukan verifikasi, PSSI menggunakan standar AFC. Ada lima syarat, yaitu supporting, infrastruktur, legal, personel, dan finansial. Syarat ini merupakan harga mati agar koefisien Indonesia di arena Liga Champions Asia tidak turun dan klub-klub Tanah Air tetap boleh mengikuti kompetisi LCA musim depan.

Banyak klub-klub yang kesulitan memenuhi kelima syarat tersebut. Untuk syarat legal, semua klub peserta calon kompetisi harus berbadan hukum. Sementara syarat supporting, klub-klub diwajibkan memiliki pembinaan pemain usia muda. Adapun syarat infrastruktur, klub Indonesia diwajibkan untuk menggunakan stadion yang berstandar AFC. Lalu, pada syarat personel, klub harus mempunyai pemain, pelatih, dan ofisial klub yang dikontrak secara profesional.

Terakhir untuk syarat finansial, klub harus memiliki deposit dana Rp 5 miliar untuk mengikuti kompetisi level satu, dan Rp 2 miliar untuk kompetisi level dua. Syarat terberat tentu saja adalah finansial. Tahun depan, klub-klub takkan mendapat sumbangan dana APBD lagi, sementara mereka diwajibkan memiliki deposit untuk mengikuti Liga profesional level satu dan dua.

Guna mengatasi masalah ini, klub-klub Indonesia kemudian memilih opsi merger dengan klub Liga Primer Indonesia (LPI). Pasalnya, klub-klub LPI memiliki dana yang cukup melimpah dari konsorsium. Kompetisi LPI sendiri dipastikan PSSI sudah selesai dan takkan dilanjutkan lagi. Ada beberapa klub yang positif dimerger sepeti Persiraja Banda Aceh dengan Atjeh United. Begitu juga dengan Persik Kediri dan Minangkabau FC.
Bandung

FC dan Persiba Bantul kemungkinan juga akan melakukan hal yang sama. Masih ada beberapa klub lagi yang sedang menjajaki langkah ini. Nantinya, dokumen persyaratan kelengkapan ini akan dimasukan ke PSSI hari ini. Selang sehari, yaitu 23 Agustus, PSSI mulai memverifikasi dokumen pendaftaran.

Pada saat yang sama, klub juga harus menyetorkan participation deposit ke rekening PSSI. Selain itu, klub juga harus menyerahkan surat jaminan atas kesanggupan pembiayaan klub. Lalu, pada 25 Agustus, PSSI akan mengumumkan peserta kompetisi Liga Profesional Level Satu dan Dua. Format kompetisi musim depan akan seperti apa, nantinya akan tergantung pada klub-klub yang lolos verifikasi.

Dokumen kelengkapan kompetisi sendiri akan diteruskan oleh PSSI kepada AFC pada 3 September nanti. Lalu, kompetisi musim 2011-12 akan positif mulai bergulir pada 8 Oktober.