menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Emas Akan Turun Hingga 300 Dollar AS?




SINGAPURA-Emas tampaknya akan diperdagangkan pada harga yang lebih tinggi dalam beberapa hari ke depan, tetapi akan turun pada akhir pekan. Bahkan ada yang memperkirakan harga emas akan turun hingga 300 dollar AS sebelum akan menanjak lagi.

Para analis dari MF Global menyatakan, "Kami memiliki pendapat yang bercampur tentang pasar emas pada pekan ini. Menurut kami akan ada bentuk A yang akan terjadi." Bentuk A adalah harga yang naik lalu menurun drastis.

MF Global memperkirakan, pasar masih akan tetap dapat menjajal titik resten pada 1.946 dollar AS per troy ounce (31,1 gram). Pasar akan memerlukan kejadian yang sangat luar biasa untuk mencapai di atas level tersebut.

Pidato Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke mengenai langkah bank sentral untuk memperbaiki perekonomian akan dinantikan. Jika Bernanke tidak mengumumkan adanya quantitative easing 3, yang merupakan langkah bank sentra membeli aset perbankan untuk mendorong perekonomian, harga emas diperkirakan akan menurun.

Direktur Pelaksana American Precious Metals Advisors Jeffrey Nichols menyatakan, harga emas dapat turun hingga mencapai 300 dollar AS sebelum mulai naik lagi. Walaupun secara jangka panjang kenaikan harga akan terus berlangsung dalam bulan dan tahun-tahun mendatang.
"Setelah itu terjadi, walaupun pasar saham terpuruk harga emas tidak akan naik terlalu cepat," demikian perkiraannya.

"Perburuan emas belakangan ini  merupakan respon rasional karena adanya ketidakpastian serta ketakutan bahwa perekonomian AS dan Eropa akan turun drastis, serta  pasar finansial global akan semakin bergejolak," tambahnya lagi.