menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Garuda Wisuda 23 Pilot Baru dari BIFA


Garuda Indonesia hari ini, Minggu (21/8/2011), kembali menerima 23 pilot dari sekolah penerbang "Bali International Flight Academy (BIFA)" untuk memenuhi kebutuhan pilot sejalan dengan mulai tibanya pesawat-pesawat baru Garuda.

Pilot-pilot yang baru diwisuda tersebut merupakan pilot Garuda angkatan ke empat yang mendapatkan pendidikan di BIFA. Acara wisuda dan penyerahan para pilot dilakukan oleh Robby Djohan, mantan Direktur Utama Garuda yang kini Chairman BIFA kepada Emirsyah Satar, Direktur Utama Garuda Indonesia, di Financial Hall, Graha Niaga, Jakarta.

Seluruh pilot angkatan keempat tersebut telah siap bergabung dengan Garuda Indonesia setelah menempuh waktu pendidikan serta pelatihan penerbangan selama 1 tahun untuk meraih sertifikasi Private Pilot Licence (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating.

Selanjutnya, mereka akan mendapatkan pendidikan lanjutan selama enam bulan lagi untuk mendapatkan pendidikan typerating agar qualified dalam menerbangkan jenis pesawat yang akan mereka terbangi nantinya. Untuk mengisi kebutuhan  200 pilot per tahunnya, Garuda Indonesia bekerja sama dengan BIFA dan STPI Curug. BIFA telah berhasil mendidik sebanyak empat angkatan dengan jumlah sekitar 100 pilot, di mana angkatan pertama diterima Garuda pada Maret 2010.

Para pilot angkatan pertama dan kedua telah bekerja menerbangkan pesawat-pesawat Garuda sebagai First Officer (FO), sementara angkatan ke tiga masih menjalani pendidikan typerating di "Garuda Indonesia Training Center (GITC)".

Saat ini 75 siswa pilot Garuda yang terbagi dalam tiga angkatan (angkatan 5,6,7) sedang menjalani pendidikan di BIFA. Pilot-pilot yang baru tamat tersebut nantinya akan menggantikan posisi pilot-pilot asing yang direkrut Garuda selama setahun dalam periode bridging menunggu para calon pilot selesai pendidikan.

Para pilot asing yang bekerja di Garuda saat ini berjumlah 34 orang dan akan selesai kontraknya akhir tahun 2011 ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, kerja sama dengan BIFA ini sangat membantu ekspansi Garuda Indonesia khususnya dalam pemenuhan kebutuhan akan para penerbang. "Saat ini Garuda Indonesia sedang mendidik sekitar 200 penerbang pada berbagai sekolah penerbang di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan akan pilot dalam masa "bridging" hingga akhir tahun." Kata Emir.