menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Kapal India Dibajak di Oman

kapal india di bajak di oman
Kapal tanker Fairchem Bogey milik India dilaporkan dibajak di dekat Pelabuhan Oman, Sabtu (20/8/2011). Sebanyak 21 pelaut India yang mengawaki kapal tersebut kini menjadi sandera.

Direktur Jenderal Perkapalan (DGS) India yang berpusat di Mumbai menyatakan, Minggu (21/8/2011), kapal tersebut dibajak saat buang sauh di lepas pantai Pelabuhan Salalah, Oman. Kapal tersebut sedang menunggu izin untuk merapat di pelabuhan tersebut.

"Pihak Penjaga Pantai Oman diperingatkan oleh para pembajak untuk menjauh agar menghindari jatuhnya korban di pihak awak kapal," ungkap Anglo-Eastern Ship Management, perusahaan pemilik kapal tanker itu.

Oman terletak di pintu masuk Teluk Persia, kawasan sangat strategis dan dikawal ketat karena merupakan perlintasan sebagian besar pasokan minyak mentah dunia. Wilayah operasi para perompak, yang diduga kuat berasal dari jaringan bajak laut Somalia, semakin luas dan tindakan mereka makin nekat, meski negara-negara di dunia sudah melakukan patroli laut bersama di kawasan jalur perdagangan laut itu.

Tahun 2010, total 1.181 pelaut diculik bajak laut. Juni lalu, enam pelaut India dibebaskan setelah ditahan selama 10 bulan oleh perompak Somalia ini. Mereka dilaporkan diperlakukan "bagai binatang", semua diikat dengan rantai dan jarang diberi makan atau air minum.

Sebaliknya, Angkatan Laut India juga berhasil menangkap lebih dari 100 bajak laut dalam serangkaian bentrokan dengan pihak perompak di dekat Kepulauan Lakshadweep, tahun ini.