menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Chelsie Sementara Unggul di Rusia




Pecatur Pelatnas SEA Games 2011, MIW Chelsie Monica Sihite, memimpin klasemen sementara Turnamen Catur Piala Gubernur Chelyabinsk untuk kelompok putri di Satka City, Chelyabinks, Rusia, 16-22 Agustus 2011.   

Turnamen untuk para pecatur junior di bawah usia 16 tahun tersebut sudah memasuki babak kedelapan dari rencana sembilan babak sistem Swiss.   

Pada babak kedelapan, Minggu, Chelsie menundukkan rekan senegaranya Azarya Jodi Setyaki untuk membukukan 5 angka. Chelsie menang pada langkah ke-40 pertahanan Sisilia Rossolimo, demikian siaran pers PB Percasi, Minggu.   

Pecatur putri Pelatnas SEA Games lainnya, MFW Medina Warda Aulia, yang sebelumnya ikut memimpin bersama, kini tertinggal setengah angka setelah hanya bermain remis melawan Timur Khazhipov dari Rusia.   
Medina
sempat unggul posisi tapi salah langkah dan akhirnya remis disepakati pada langkah ke-66 pertahanan Sisilia.   

Hasil tersebut membuat Medina mengumpulkan 4,5 angka dan sementara berada di peringkat ketiga di bawah Chelsie dan pecatur Belarusia Maria Nevioselaya yang keduanya sama membukukan 5 angka.       

Medi jumpa Nevioselaya pada babak terakhir Senin (22/8) sehingga akan menentukan siapa yang bakal juara di kelompok putri. Sementara Chelsie dengan buah Hitam akan berhadapan lawan pecatur putra Evgeny Ermolaev dari Rusia.    

Pada turnamen catur U-16 di Rusia itu Indonesia mengirim delapan pecatur. Mereka adalah dua atlet Pelatnas SEA Games 2011 MIW Chelsie Monica Sihite (16 tahun), dan MFW Medina Warda Aulia (15) ditambah enam juara junior Indonesia yang sebelumnya gagal berangkat ke World Chess School di Polandia, yaitu Sean Winshand Cuhendi (14), Azarya Jodi Setyaki (13 ), Vania Vindy Chandra (11), Nyimas Sonya Nafa (12), Dita Karenza (11) dan Ivan Maximillian Pasaribu (10).    

Selain keenam atlet junior tersebut, juga ikut mendampingi dua atlet catur Pelatnas SEA Games MFW Dewi AA Citra dan GM Susanto Megaranto yang tengah berlatih bersama pelatih asing GM Ruslan Scherbakov yang berasal dari Chelyabinsk.   

Susanto akan mengikuti Piala Dunia Catur yang akan berlangsung di Khanty-Mansyisk, Rusia, mulai 26 Agustus 2011. Susanto dapat mengikuti Piala Dunia Catur ini berkat menjuarai babak kualifikasi Piala Dunia Catur Zona 3.3 Asia yang berlangsung di Tagaytay, Filipina, pada Mei 2011.   

Turnamen catur Piala Gubernur Chelyabinsk yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini diikuti 190 peserta yang datang dari lima negara. Selain tuan rumah Rusia, juga hadir tiga negara pecahan Uni Soviet, yaitu Kazakhstan, Kyrgystan dan Belarusia.      

Sementara satu-satunya negara peserta yang tidak berbahasa Rusia adalah Indonesia.       Turnamen dibagi dua kelompok, Kelompok A yang diikuti 44 peserta putra putri dan Kelompok B yang diikuti 146 peserta putra putri. Turnamen Kelompok A merupakan turnamen rating. Turnamen Kelompok B lebih banyak diikuti para pecatur yang berusia di bawah 12 tahun.