menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Saif Khadafy Ditahan!


Putra pemimpin Libya Moamar Khadafy, Saif al-Islam, telah ditahan, kata kantor Jaksa Penuntut Mahkamah Internasional (ICC).

Sementara itu, seorang pejabat senior Dewan Peralihan Nasional (NTC), Abdullah Almayhop, mengatakan putra tertua Khadafy, Mohammed, menyerah kepada gerilyawan.

Pasukan oposisi Libya telah menguasai ibu kota Libya, Tripoli, dan sedang membersihkan sisa pasukan Khadafy, kata Abullah Almayhop, sebagaimana dilaporkan kantor berita China, Xinhua. Pasukan oposisi yang datang dari Misratah, Zawiya, Suman dan Gharyan bergabung dalam pertempuran tersebut.
ICC

juga mengatakan, Mahkamah Internasional telah mengajukan tuntutan terhadap Saif dan Mohammed Al-Khadafy. Jaksa ICC Luis Moreno-Ocampo, Senin (22/8/2011), mengatakan kepada AFP, "Saya telah menerima keterangan rahasia yang menyatakan ia (Saif) telah ditangkap."

Sebelumnya, pemimpin NTC mengatakan kepada stasiun televisi Al-Jazeera dari Benghazi bahwa ia "memiliki informasi, Saif al-Islam telah ditangkap. Ia kini ditahan di tempat aman dengan penjagaan ketat sampai ia diserahkan kepada petugas kehakiman," kata Abdel Jalil, tanpa menyebutkan tanggal atau tempat putra Khadafy itu dilaporkan ditangkap.

Sebelum aksi perlawanan meletus pada Februari, Saif al-Islam dipandang oleh banyak kalangan sebagai orang yang paling mungkin menjadi calon pengganti ayahnya, kendati secara terbuka ia mengesampingkan ambisi keluarga. Ia telah lama menjadi duta pemerintah Khadafy di Barat yang tampil dengan pakaian rapi, berjas, dan fasih berbahasa Inggris.