menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Kerugian Lahar Dingin Rp 1,7 Triliun


Meskipun letusan Gunung Merapi sudah berlalu namun kerugian yang diakibatkannya belum selesai dihitung. Perkiraan awal nilai kerusakan dan kerugian akibat lahar dingin mencapai Rp 1,7 triliun. Sedangkan kebutuhan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi dampak lahar dingin Merapi saat ini masih dikaji oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Minggu (21/8/2011). Menurut Sutopo, dampak erupsi Gunungapi Merapi pada Oktober-November 2010 sangat luar biasa. Jumlah kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan dari erupsi Gunungapi Merapi tersebut sekitar Rp 3,56 triliun. Jumlah nilai kerusakan adalah Rp. 1,69 triliun (47persen), sedangkan jumlah nilai kerugian adalah Rp. 1,87 triliun (53 persen).

"Jumlah tersebut di luar dampak lahar dingin yang saat ini masih dihitung. Dampak yang ditimbulkan oleh lahar dingin di empat kabupaten, yaitu Magelang, Klaten, Boyolali dan Sleman cukup besar. Selain menimbulkan korban jiwa, juga kerusakan infrastruktur," ujarnya.

Guna mempercepat penanganan darurat lahar dingin maka BNPB telah menyerahkan dana sebesar Rp 444 miliar kepada Kementerian Pekerjaan Umum untuk melakukan berbagai langkah, khususnya terkait infrastruktur. Dari total dana tersebut, Rp 232 miliar digunakan untuk perbaikan jalan dan jembatan.

Beberapa ruas jalan nasional, provinsi dan kabupaten diperbaiki. Sebanyak 23 jembatan yang runtuh akan dibangun kembali. Termasuk di antaranya jembatan yang sudah dibangun di Jembatan Kali Putih dan jembatan Pabelan yang melewati jalan negara yang menghubungkan Yogyakarta - Magelang.

"Sekitar Rp 181 miliar untuk perbaikan darurat prasarana sumberdaya air, seperti penanganan Kali Putih, peningkatan kapasitas kantong lahar, dam sabo, perkuatan terbing dan sebagainya. Sedangkan Rp 31 miliar untuk perbaikan darurat prasarana air bersih dan permukiman. Perbaikan kerusakan jaringan pipa transmisi air minum dari Umbul Wadon dan pembangunan sumur bor cadangan saluran pipa air minum perdesaan segera dilakukan guna menyediakan pasokan air minum penduduk. Terlebih lagi saat ini yang telah masuk musim kemarau, penduduk mengalami kesulitan memperoleh air minum," tutur Sutopo.