menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Gedung 101 CHINA , Bangunan Antigempa !

Mentari pagi muncul dari balik pencakar langit. Perekonomian pun segera menggeliat. Sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia, Taiwan memiliki pusat bisnis di Distrik Xinyi, yaitu gedung finasial internasional atau dikenal dengan nama gedung 101.
Angka 101 adalah lantai teratas gedung ini. Mengapa 101 karena dipercaya 100 adalah angka maksimal dan 1 adalah langkah untuk memulai kembali. Banyaknya turis dari mancanegara dimanfaatkan kelompok Falun Gong untuk menyuarakan aksi mereka di pelataran gedung.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg5HgBIjiyQMVbbhqmEXdnxgFGoUY8T2ES0TC62Xq5Ft9MzXW_ZNfyTtW4kOwMWeM6pJum0SV4xhWC2nCSWyssRQDswtxqoKH6XPaMhl4ElDnjzhYFVqU-6YA2fVvpJf3zvSLAFlB2tnfc/s1600/101.jpg




Tahun ini rekor sebagai gedung tertinggi sudah kalah oleh Burj di Dubai. Tapi gedung 101 tetap memiliki keunikan tersendiri. Bentuk gedung seperti pohon bambu sangat melambangkan Asia Timur. Saat didirikan pada 2004 terjadi perdebatan panjang tentang keamanan gedung karena Taiwan kerap dilanda gempa dan angin topan.
Keraguan ini dijawab dengan teknologi rahasia, yaitu berupa pendulum raksasa dengan garis tengah 5,5 meter yang beratnya 800 ton. Jika gedung bergoyang saat terjadi topan atau gempa pendulum akan menyeimbangkan bangunan sehingga tidak akan roboh.
Pendulum ini diletakkan di lantai 89 yang dapat dilihat oleh pengunjung dengan menggunakan lift tercepat di dunia. Lift buatan Toshiba yang berharga 20 miliar rupiah ini berkecepatan 1.000 meter per menit. Setiap detiknya layar di lift menunjukkan lantai dan ketinggian.
Kecanggihan terasa karena saat berangkat dan sampai di puncak tidak ada rasa kejut sama sekali. Dari atas pengunjung dapat melihat keseluruhan Kota Taipei.(IAN)