menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

WADUH, GAWAT NE GAN: Penelitian: Usia Bertambah, Organ Intim Mengecil

Studi terbaru di Amerika menyebutkan bahwa semakin tua usia seseorang, maka semakin kecil organ tubuhnya, termasuk juga organ intim. Benarkah?


Tanpa disadari, bukan hanya tinggi badan yang mulai berkurang seiring bertambahnya usia, tetapi juga beberapa organ tubuh seperti jantung, tulang dan bahkan alat kelamin ikut mengecil.

Seperti dikutip Dailymail, berikut beberapa organ tubuh yang 'susut' sejalan dengan bertambahnya usia.

Jantung

Otot jantung mengecil rata-rata 0.3g per tahun sejak usia pertengahan, tentu saja memepengaruhi kemampuannya memompa darah ke seluruh tubuh.

Dengan menggunakan scan MRI dari pasien laki-laki dan perempuan berusia 45-85, peneliti dari Johns Hopkins University, Amerika Serikat menemukan setiap tahunnya otot jantung membutuhkan waku cukup lama untuk bekerja, memeras dan rileks, sekitar 2-5persen, sementara jumlah darah yang harus dipompa keluar dari jantung berkurang 9ml tiap tahun.

Graham Jackson, konsultan kardiologis di Guy’s and St Thomas’ Hospital, London mengatakan jantung yang membesar karena hipertensi akan memiliki suplai darah yang buruk dan mungkin akan menjadi fibrotik dan rentan terhadap gagal jantung.

Organ intim

Organ intim baik pria atau wanita menyusut seiring dengan bertambahnya usia. Pada pria kondisi ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu: pertama, substansi lemak (plak) yang disimpan dalam arteri kecil di penis, membatasi aliran darah (karena mengganggu aliran darah ke jantung).

Sirkulasi yang buruk ini menyebabkan atrofi jaringan penis, otot mulai berkurang, sehingga memicu hilangnya ukuran panjang dan juga ketebalan penis.

Kedua, terdapat akumulasi bertahap dari pembentukan kolagen relatif inelastis (jaringan parut) di dalam selubung fibrosa dan elastis yang memungkinkan ereksi.

Dr Irwin Goldstein, direktur pengobatan seksual di Rumah Sakit Alvarado di San diego mengatakan jika penis pria berereksi sepanjang 6inchi, ketika dia berusia 30 tahun, mungkin akan menurun menjadi 5-5 1/2 ketika mereka menyentuh usia 60 atau 70 tahun.

Sementara pada perempuan, berubahan berkaitan dengan berkurangnya kadar estrogen saat menopause, kondisi ini turut mengurangi aliran darah ke area genital. Rahim juga akan mengecil, kembali ke ukuran sebelum usia aqil-balig, tubuh mengenalinya sebagai organ yang tak aktif namun beberapa “spare-part” sumber daya vital lainnya, masih aktif dan dapat digunakan.

Otak

Berat otak manusia saat lahir sekitar 14oz (400g) dan berkembang hingga 3lb (1.4kg) saat masa remaja. Namun mulai menyusut sekitar usia 20 tahun sebanyak 10-15% sepanjang sisa hidup mereka.
Kondisi ini dipercaya dipicu oleh penimbunan racun dalam otak atau sesederhana hasil sel otak yang secara normal diharapkan untuk ber-regenerasi, berhenti alias mati.
Studi ini menunjukkan proses tersebut bertambah atau meningkat karena faktor merokok, alkohol dan diabetes.

Tinggi badan

Rata-rata seseorang kehilangan 1/3 inchi (sekitar 1cm) tinggi badannya setiap dekade (10 tahun) setelah usia 40 tahun. Pada usia 80, pria akan lebih pendek 2 inchi (sekitar 5cm) dibandingkan masa mudanya. Sedangkan perempuan menjadi lebih pendek 3.15 inchi (sekitar 8cm).

Sementara perempuan menyusut (sebut saja begitu) lebih banyak dibandingkan para pria. Hal ini dikarenakan tingkat hormon estrogen perempuan , yang membantu melindungi kesehatan tulang pada pria dan wanita, berkurang secara signifikan pada saat menopause.
Pria juga cenderung memiliki lebih banyak otot untuk menopang tubuh mereka.

Setelah usia 35 tahun, tulang mulai kehilangan mineral dan kalsium primer. Seiring melambatnya kemampuan tubuh untuk mengganti tulang baru, tulang pun menjadi menyusut sedikit demi sedikit dan menjadi rapuh, kondisi ini lebih dikenal dengan sebutan osteoporosis.