menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Payudara Kecil Beresiko Kanker

 
 
Payudara Kecil Beresiko Kanker-Kanker payudara tidak hanya menyerang perempuan, Pria yang memiliki payudara kecil pun tetap berisiko terserang penyakit mematikan tersebut.

Meski payudara pria lebih kecil ukurannya dari wanita, risiko untuk terkena kanker payudara tetap mengintai. Justru, payudara yang kecil memungkinkan adanya risiko lebih besar.

"Berdasarkan data yang ditemukan, 30% kaum Hawa menderita kanker payudara," kata Dr Lukiarti Rukmini MPH selaku Sekretaris Umum Yayasan Kanker Indonesia.

Sementara itu, sambung dr Saptadi Setia Basuki SpBOnk, di antara para penderita kanker payudara satu persen adalah kaum pria.

"Secara penelitian kami memang belum ada, tapi kanker payudara pada pria cenderung lebih agresif," tuturnya dalam seminar kesehatan "Deteksi dini dan Penanganan Kanker Payudara" bersama General Electric (GE) dan GE Woman Network di Ceria Room, Hotel Shangri-La, Jakarta.

Alasannya, lanjut dr Saptadi payudara pria yang kecil membuatnya langsung berhubungan dengan area sekitar, yakni dinding dada.

"Kemungkinannya sejauh ini memang alasan tersebut. Pasalnya kalau payudara besar, masih ada jaringan-jaringan berikutnya yang kemudian baru menjalar ke dalam. Itu adalah logikanya karena sejauh ini belum ada penelitiannya," sambungnya.

"Rata-rata usia pasien di atas 50 tahun. Pada pria memang lebih lanjut dibandingkan dengan wanita yang baru dimulai sejak 35-40 tahun. Mengenai penyebabnya memang tidak diketahui persis. Ketika pasien datang, mereka sudah dengan kondisi ada benjolan dan ketika diperiksa lebih lanjut ternyata kanker," pungkas, dr Saptadi.