menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

INFO, BILA RAMBUT ANDA SUDAH MULAI MEMUTIH

 

Jangan sampai rambut putih di kepala Anda merusak seluruh penampilan. Tidak hanya faktor usia lho, yang menyebabkan uban banyak bermunculan. Faktor gaya hidup juga berpengaruh. Mari cek, apakah gaya hidup Anda berisiko mempercepat tumbuhnya uban.

Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga setiap helainya. Munculnya uban pada rambut merupakan salah satu tanda-tanda penuaan dan itu wajar terjadi. Namun bila sebelum waktunya si rambut putih sudah mulai menampakkan kilauannya, satnya Anda mencari tahu penyebabnya.

Menurut Dr. Farmanina Santoso, rambut beruban merupakan kelainan dari setiap helai rambut yang mengalami kekurangan pigmen melanin sehingga rambut berwarna putih. Perwarnaan rambut alami bergantung sekali pada sel melansolit sehingga rambut akan menghasilkan warna selama dia tumbuh. Aktivitas melansolit yang terbesar terjadi pada fase anagen pada saat rambut tumbuh. Pada fase katagen dan telogen formasi dari melanin sudah berhenti. Sehingga tidak terjadi lagi proses perwarnaan rambut oleh melanin dari sel melansolit.

Folikel rambut sendiri memproduksi dua warna rambut yaitu eumelanin yang menjadikan rambut berwarna cokelat-hitam dan pheomelanin yang membuat rambut berwarna merah-emas. Kekurangan salah satu dari warna pigmen ini akan menyebabkan rambut menjadi putih. Intensitas warna pada rambut umumnya sebanding dengan jumlah pigmen dalam serat rambut. Jadi secara ekstrim, bila kehilangan sama sekali pigmen, warna rambut akan menjadi putih.

Apa sih penyebabnya?
Di zaman modern seperti ini rambut beruban tidak timbul pada usia 40 tahun ke atas. Sesuai dengan terjadinya proses ageing atau proses penuaan dimana terjadi perusakan sel dan ini adalah sesuatu hal yang wajar dialami setiap manusia. Namun saat ini faktor rambut beruban banyak disebabkan oleh faktor eksternal seperti gaya hidup yang dijalani. Para perokok aktif cenderung lebih banyak mengalami perubahan rambut atau beruban lebih cepat dibanding mereka yang tidak merokok. Lalu, salah satu lagi faktor yang membuat rambut beruban lebih cepat adalah terkenanya zat kimia yang berlebihan pada rambut, seperti minyak rambut, pewarna rambut dan hairspray . Zat kimia ini akan mempengaruhi produksi pigmen pada rambut. Selain faktor eksternal, faktor internal yang disebabkan oleh faktor genetik jika orang tua memiliki rambut uban di usia dini, kemungkinan besar akan menurun pada Anda.

Bagaimana mencegahnya?
Rambut beruban dapat dicegah dengan beberapa cara yang sebenernya mudah dilakukan sehari-hari seperti :

- Perbanyak melakukan olahraga, olah napas dan meditasi untuk mengurangi tingkat stres yang berlebih dan mampu melancarkan peredaran darah dan menenangkan saraf dan pikiran sehingga sangat berpengaruh untuk memperlambat timbulnya uban.

- Mulailah mengonsumsi makanan bervitamin tinggi dan bergizi baik seperti buah-buahan dan sayuran. Kalsium dan vitamin B mampu menunjang kesuburan dan keindahan rambut. Buah-buahan berwarna hijau dan kuning banyak mengandung vitamin A yang mampu memberikan nutrisi pada rambut hingga bebas dari ancaman kerapuhan dan pengurangan pigmen.

-Gunakan vitamin rambut sekali dalam seminggu agar rambut terjaga kelembapannya.

- Untuk menutupi rambut yang sudah putih, pilihlah produk pewarnaan rambut yang mengandung formula berbahan alami dan bersahabat dengan rambut sehingga tidak terjadi perusakan jaringan pada kulit kepala.