menyediakan informasi unik,menarik tentang segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

Latihan Bareng TNI AL, 2 Kapal Perang Australia Sandar di Perak

Surabaya - Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy) akan menggelar Exercise New Horizon atau latihan bilateral dua tahunan bersama TNI AL. Dua kapal perang Australia dilibatkan dalam latihan persahabatan itu.

Kapal perang Hmas Warramunga FFH 152 dan HMAS Sirius O 266 telah sandar di K di Dermaga Jamrud Utara, Tanjung Perak, Surabaya. Disela-sela kunjungan persahabatan itu, digelar pula upacara pembukaan New Horizon, kunjungan ABK KRI AHP dan KRI FKO, jamuan makan malam, forum Komandan di ASTT, olah raga dan permainan di GOR Kolat.

Hmas Warramunga FFH 152 merupakan Class Frigate memiliki kekuatan 163 personel. Diantaranya termasuk 25 Perwira dan 138 Bintara dan Tamtama dibawah pimpinan Commander Michael Turner.

Sementara Hmas Sirius O 266 merupakan Class Combat Logistic Class dengan jumlah personel 65 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk 13 Perwira dan 52 Bintara dan Tamtama dibawah pimpinan Commander David Mcdonald.

"Rencananya para awak kedua kapal akan berlatih dan open-ship dengan Armatim hingga tanggal 24 November mendatang," kata Kepala Bagpen Lantamal V, Mayor Laut (KH) Agus Setiawan kepada detiksurabaya.com, Minggu (20/11/2011).

Sekitar pukul 09.00 WIB, kedua kapal perang milik Australia tersebut bersandar di Dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak. Hmas Warramunga yang memiliki panjang 118 meter, lebar 14,8 meter, draft 6,0 meter, displacement 3.600 ton lebih dahulu sandar. Kemudian disusul Hmas Sirius dengan panjang 191,3 meter, lebar 32 meter, draft 8,7 meter, dan displacement 25, 016 ton.

Kedatangan dua kapal perang ini disambut berbagai upacara. Sebagai tuan rumah, TNI AL Armatim menyuguhkan tarian Remo di hadapan Commander David Mcdonald. Perwira Operasi New Horison.